Chrome + Google AMP Bisa Mempercepat Koneksi Internet Berkali Lipat dan Jauh Lebih Hemat Data

Tahukah anda, membuka situs berlogo “AMP” di Google melalui browser Chrome jauh lebih cepat dan lebih hemat data dari browsing menggunakan browser lain?

Kolom Gadget – Google sejauh ini telah mengembangkan teknologi yang bisa mempercepat koneksi internet, dan sampai saat ini pengembangan pun masih berlangsung. Disebut AMP (Accelerated Mobile Pages), teknologi ini bisa membuka laman sebuah website antara 1-5 detik bahkan dengan koneksi internet yang pas-pasan. Jika dibandingkan dengan membuka website biasa, umumnya akan terbuka sempurna dalam 30 detik untuk koneksi internet dengan kecepatan yang biasa saja.

AMP berbeda dengan tampilan responsif, berbeda pula dengan antarmuka WAP atau khusus mobile yang biasa diterapkan di situs di internet karena AMP dikembangkan oleh Google. Admin atau developer website yang ingin membuat websitenya bisa diakses dengan cepat bisa menggunakan teknologi AMP di website mereka.

Memang, masih belum banyak website yang mau mengadopsi teknologi AMP. Namun semakin hari makin banyak pula website yang menawarkan tampilan AMP di situs mereka, termasuk Kolom Gadget yang tampilan AMP-nya bisa diakses dengan menambahkan suffix “/amp” di akhir URL setiap laman postingan Kolom Gadget.

Google selaku pencetus sekaligus pengembang teknologi AMP sudah mendorong para pemilik website agar menggunakan AMP di website mereka. Bahkan alghoritma Google Search baru-baru ini mulai memperhatikan website-website yang menerapkan AMP. Jika anda mencari informasi di Google dengan keyword tertentu, maka anda akan melihat beberapa website di hasil pencarian Google sudah berlabel “AMP”. Jika melihat website berlabel AMP di Google, maka anda bisa membuka website tersebut dengan kecepatan berkali-kali lipat. Bukan hanya itu, membuka website berlogo AMP juga jauh lebih hemat data.

Untuk ditekankan, label AMP hanya muncul di hasil pencarian Google jika anda mengaksesnya melalui browser Chrome. Selain itu, anda hanya akan langsung diarahkan ke laman AMP di sebuah website jika anda menggunakan browser Chrome. Jadi, jika anda menggunakan browser lain seperti UC Browser, UC Web atau Opera, anda tidak akan melihat label AMP di Google, juga tidak akan langsung diarahkan ke laman AMP jika mengakses sebuah website.

 

One Response
  1. Tekno Jempol

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *