Fasilitas Baru Google Drive: Makin Pintar dengan NLP

Google membuat Google Drive menjadi lebih cerdas dengan menghadirkan NLP atau Pemrosesan Bahasa Alami.

Kolom Gadget – Siapa yang tak kenal dengan Google? Mesin pencari ini sering dipanggil dengan sebutan “mbah Google” karena ia selalu bisa menjawab pertanyaan setiap orang. Ia memiliki kecerdasan buatan yang disebut dengan NLP (Natural Language Processing), sebuah sistem yang membuat Google seperti mampu membaca pikiran  kita. Ia bisa memperbaiki ejaan yang salah, juga membantu mencari dari sudut pandang sebuah mesin.

Anda mungkin kurang mengerti dengan isi paragraph diatas. Untuk lebih mudahnya, apa yang dimaksud dengan NLP disini adalah saat anda mencari sesuatu di Google, anda akan melihat “Did you mean…” atau “Mungkin maksud Anda adalah…”. Kadang Google juga menuliskan “Menampilkan hasil untuk… Atau telusuri…”, itulah yang dimaksud dengan NLP. Fitur ini rupanya akan diperluas tak hanya di mesin pencarinya saja, tetapi juga di Google Drive. Menjadi fasilitas tambahan bagi para pengguna Google Drive untuk membantu pengguna mencari file yang mereka miliki.

NLP akan menjadi fasilitas baru di Google Drive, yang bisa mempermudah anda mencari file secara online. Misalnya, jika anda sedang mencari laporan keuangan bulan lalu, maka Google Drive cukup pintar  untuk mengubah kata kunci pencarian menjadi permintaan yang tepat dengan appendix “Jenis: Presentasi”.

Fasilitas Google Drive diatas bisa anda dapatkan dengan update yang baru digulirkan ini. Sayangnya masih belum diketahui seberapa akurat NLP Google Drive, karena kinerjanya juga dipengaruhi isi akun Google Drive pengguna.

Fasilitas baru lainnya antara lain adalah adanya “Kolom” di bawah menu “Format”, serta konversi dokumen ke format Docs, Spreadsheet atau Slide milik Google tanpa perlu kehilangan salinan awa, karena anda bisa mengembalikannya ke riwayat revisi.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *