Pemerintah Taiwan Investigasi Perbedaan Daya Tahan Baterai iPhone 6s

Kolom Gadget – Pemerintah Taiwan dilaporkan tengah melakukan penyelidikan terkait perbedaan daya tahan baterai di iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang menggunakan chipset A9 buatan dua perusahaan berbeda yaitu TSMC dan Samsung.

Kita tentu sudah mendengar isu mengenai perbedaan daya tahan baterai antara iPhone 6s yang menggunakan chipset Apple A9 buatan TSMC dengan buatan Samsung. Ternyata, kedua chipset memiliki konsumsi daya yang berbeda dimana ponsel iPhone 6s dengan chipset A9 buatan Samsung lebih boros baterai, sementara iPhone 6s dengan chipset A9 buatan TSMC daya tahan baterainya lebih lama.

Terkait masalah ini, pemerintah Taiwan melalui Departemen Perlindungan Konsumen Taiwan dilaporkan tengah melakukan investigasi terkait masalah ini dan meminta regulator komunikasi di negara tersebut untuk melakukan pemeriksaan terhadap iPhone 6s apakah memang benar-benar ada perbedaan dalam daya tahan baterai, seperti dilansir dari Patently Apple, Senin (19/10/2015).

Wakil direktur jenderal Departemen Perlindungan Konsumen Taiwan, Wu Cheng-hsueh mengungkapkan jika memang ditemukan perbedaan yang cukup besar dalam konsumsi daya kedua chipset yang mempengaruhi perangkat, maka mereka mungkin akan meminta Apple untuk memberikan diskon atau bahkan menarik iPhone 6s dari negara mereka.

Sementara itu Apple sendiri telah mengklarifikasi isu ini bahwa perbedaan daya tahan baterai hanya sekitar 2-3 persen saja dalam pemakaian yang sebenarnya. Beberapa benchmark juga telah membuktikan klaim Apple tersebut. Namun pemerintah Taiwan juga memiliki kewajiban untuk melindungi warga negaranya yang menjadi konsumen Apple.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *