Modem 4G LTE iPhone 7 Dipasok Intel?

Kolom Gadget – Tersiar kembali kabar mengenai akan digunakannya modem LTE buatan Intel oleh Apple untuk iPhone 7 mendatang. Selama ini, Apple selalu memasok modem LTE dari Qualcomm.

Beberapa komponen yang ada perangkat Apple seperti iPhone dan iPad memang dibuat sendiri. Namun sebagian besar masih menggunakan komponen dari perusahaan lain. Salah satunya adalah modem LTE yang selama ini dipasok oleh Qualcomm. Namun ada rumor dari VentureBeat, Sabtu (17/10/2015) bahwa dalam produksi iPhone yang akan datang, yakni iPhone 7 Apple akan memasok modem LTE dari Intel.

Disebutkan bahwa Intel sudah mempersiapkan 1.000 karyawan yang khusus akan memproduksi modem LTE pesanan Apple. Modem LTE buatan Intel sendiri mampu bekerja di 29 Band LTE dan mampu mencapai kecepatan 450Mbps. Namun tetap tidak menutup kemungkinan jika Apple memasok komponen modem LTE untuk iPhone 7 yang akan datang dari dua perusahaan yaitu Intel dan Qualcomm.

Memasok komponen dari dua perusahaan memang bukan kali pertama diterapkan Apple. Chipset Apple A9 di iPhone 6s tahun ini bahkan diproduksi oleh TSMC dan Samsung. Chipset A9 yang diproduksi TSMC menggunakan proses 16nm, sementara A9 buatan Samsung menggunakan 14nm. Biasannya, semakin kecil ukuran chipset akan semakin hemat dalam konsumsi daya, namun entah kenapa chipset Apple A9 justru lebih hemat daya dibandingkan chipset A9 buatan Samsung.

Dengan perbedaan pada chipset Apple A9, tidak menutup kemungkinan juga terdapat perbedaan pada modem LTE di iPhone 7 mendatang, tentu saja jika Apple memang akan memasok modem LTE-nya dar dua perusahaan berbeda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *