Awas Flashdisk Maut Pembunuh Komputer!

Kolom Gadget – Hanya dalam sekali colok saja flashdisk ini bisa langsung merusak perangkat komputer dan tak bisa nyaka lagi. Bagaimana bisa?

Flashdisk menjadi alat yang sering digunakan orang untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya. Namun flashdisk sendiri juga mampu merusak perangkat komputer jika dalam flasdisk itu terjangkit virus. Meskipun flashdisk bervirus, komputer tak akan langsung rusak begitu saja saat flasdisk di tancapkan pada port USB komputer, selain itu antivirus juga biasanya akan menangkal virus yang terkandung dalam flashdisk.

Namun ternyata, di Rusia ada flashdisk yang mampu merusak komputer begitu flashdisk ini di colokkan. Bahkan antivirus paling canggih sekalipun tak akan mampu menangkal ancaman flashdisk ini. Flashdisk ini dibuat oleh lembaga riset keamanan Rusia, Dark Purple yang bukan hanya mampu merusak perangkat komputer, tetapi juga perangkat elektronik lainnya yang memiliki colokan USB seperti smartphone, televisi dan router, seperti dilansir dari Telegraph, Sabtu (17/10/2015).

Hal ini dibuktikan melalui video yang diunggah ke Youtube. Seperti terlihat dalam video, beberapa detik setelah flashdisk ini dihunuskan ke dalam port USB komputer, perangkat laptop tersebut langsung mati. Setelah di coba menyalakan berkali-kali laptop itu masih juga tidak menyala.

Ternyata, flasdisk ini mampu merusak perangkat elektronik dengan cara mengirimkan arus listrik 220 volt melalui jalur sinyal dari antarmuka USB. Setiap perangkat komputer yang sudah di colokkan USB ini akan langsung rusak tak menyala. Hanya ada satu cara menyelamatkan laptop yaitu dengan mengganti motherboard. Tentu saja, jika yang dirusak adalah laptop tak akan mudah dan murah untuk mengganti motherboard-nya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *