Samsung Berupaya Salip TSMC Untuk Produksi Chipset Kirin Milik Huawei

Kolom Gadget – Samsung dikabarkan ingin menyalip TSMC untuk memproduksi chipset Kirin milik Huawei. Namun masih belum diketahui Huawei akan jatuh hati kepada perusahaan yang mana.

Setelah sebelumnya laporan menyebutkan kalau chipset Huawei akan diproduksi oleh proses 16nm FinFET milik TSMC, Samsung tampaknya tak ingin ketinggalan. Kabarnya, Samsung ingin menyalip TSMC dengan menawarkan kepada Huawei agar menggunakan proses 14nm mereka, seperti dilansir dari Android Headlines, Kamis (15/10/2015).

Huawei tampaknya ingin membuat chipset yang lebih hemat daya. Proses 14nm milik Samsung di klaim lebih hemat daya, karena secara teori semakin kecil ukuran proses maka chipset tersebut akan semakin hemat daya. Namun di lapangan hasilnya memang bisa berbeda. Contohnya seperti yang terjadi pada chipset Apple A9 yang dibuat oleh TSMC menggunakan proses 16nm nyatanya lebih hemat daya dibandingkan dengan chipset Apple A9 buatan Samsung dengan proses 14nm-nya, meskipun perbedaannya di klaim oleh Apple hanya 1-2 persen saja.

Samsung menawarkan kalau mereka akan memproduksi chipset Kirin dengan susunan yang sama seperti chipset Apple Ax yang sudah mereka buat. Ini tentu bisa menjadi penghalang bagi TSMC. Namun kita masih belum tau apakah Huawei akan tetap dengan TSMC atau malah berpaling ke Samsung.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *