Penjualan iPhone 6s Lesu, Apple Kurangi Pesanan Komponen?

Kolom Gadget – Penjualan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus diprediksi akan melemah. Dugaan ini muncul karena Apple mengurangi pasokan komponen untuk iPhone 6s dan iPhone 6s Plus.

Tak diragukan lagi popularitas iPhone 6s dan iPhone 6s Plus memang luar biasa. Smartphone ini telah terjual 13 juta unit hanya melalui pre-order saja selama seminggu sekaligus memecahkan rekor penjualan tahun lalu. Namun sepertinya penjualan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus sudah mulai lesu.

Chip John Vinh, seorang analis dari Pacific Crest Securities yang diduga mendapatkan informasi dari berbagai sumber dalam industri pembuatan chipset mengatakan bahwa Apple telah mengurangi pemesanan komponen iPhone 6s sebanyak 15% lantaran melemahnya perkiraan penjualan setelah iPhone 6s diluncurkan. Ia juga mengatakan kalau Apple hanya akan menjual 67 juta unit iPhoone 6s dan iPhone 6s Plus pada kuartal empat 2015. Angka ini jelas berada dibawah prediksi pasar sebelumnya yang mengatakan kalau iPhone 6s dan iPhone 6s Plus akan dikirimkan 75-80 juta unit, seperti dilansir dari Gforgames, Kamis (15/10/2015).

Namun bukan kali ini saja Apple dikabarkan mengurangi pasokan komponennya, karena beberapa minggu yang lalu Digitimes melaporkan alau Apple telah merevisi angka pengiriman iPhone 6s dan iPhone 6s Plus untuk kuartal 4 2015 sebanyak 65-70 juta unit. Bahkan beberapa analis juga memprediksi Apple akan mengalami pertumbuhan negatif di segmen smartphone khususnya untuk iPhone 6s dan iPhone 6s Plus.

Sementara itu Katy Huberty dari perusahaan Morgan Stanley punya prediksi berbeda. Ia mengatakan kalau Apple akan mengalami peningkatan sebesar 7% dari tahun ke tahun untuk pengiriman smartphone fiskal 2016. Ia memperkirakan dari loyalitas pengguna dan siklus pembaruan jangka pendek akan menjadi pendorong utama bagi pertumbuhan penjualan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *