Duh, Google Play Store Terjangkit Malware

Kolom Gadget – Google Play Store dan beberapa toko aplikasi lainnya ternyata memiliki aplikasi yang didalamnya terdapat malware bernama Ghost Push dan telah menginfeksi 900 ribu perangkat Android.

Developer Android pemilik beberapa aplikasi seperti Clean Master, CM Launcher, CM Security, dan Battery Doctor baru saja menemukan program jahat bersembunyi di balik aplikasi. Parahnya, malware ini justru bersembunyi di aplikasi yang ada di Play Store resmi, seperti dilansir dari Android Authority, Selasa (13/10/2015).

Adalah Ghost Push, virus Trojan yang menjangkiti beberapa aplikasi yang ada di Play Store, selain juga beredar melalui forum aplikasi dan toko aplikasi pihak ketiga. Menginfeksi smartphone melalui aplikasi yang telah terinstal seperti aplikasi kalkulator, aplikasi smart touch, Talking Tom 3, dan banyak aplikasi lainnya. Saat sudah menginfeksi smartphone, virus ini akan bersarang di folder root perangkat mobile. Program jahat ini tidak bisa di hapus kecuali menggunakan tool khusus.

Tak tanggung-tanggung korbannya, disebutkan ada 900.000 perangkat Android di 116 negara yang telah terinfeksi. Namun saat berita ini dimuat Google telah menarik seluruh malware yang ada di Play Store dan beberapa toko aplikasi populer lainnya.

Ghost Pust sendiri merupakan malware yang akan menampilkan iklan pada perangkat. Selain itu, program jahat ini juga akan menginfeksi aplikasi lain yang terinstal dalam perangkat yang ia jangkiti. Disebutkan kalau hacker pembuat malware ini telah meraup lebih dari 4 juta dolar per hari hanya dari mendorong iklan ke dalam perangkat.

Sementara itu bagi anda yang khawatir smartphone Android anda terinfeksi Ghost Push, Cheetah Mobile telah membuat tool yang bisa membantu anda menemukan dan menyingkirkan malware ini dari perangkat yang bisa anda temukan melalui link sumber dibawah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *