15 Desember, Beli SIM Prabayar Harus Registrasi di Retail Terdaftar!

Kolom Gadget – Mulai akhir tahun, Menkominfo akan menertibkan seluruh pendaftaran kartu SIM. Setiap pembelian kartu SIM harus mendaftarkan diri dan SIM tersebut di retail resmi yang sudah terdaftar.

Saat ini, setiap pembelian kartu SIM diharuskan melakukan registrasi ke 4444. Namun registrasi itu bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja karena bisa didaftarkan melalui ponsel pengguna. Namun hal itu akan berubah pada tanggal 15 Desember.

Kementerian Kominfo, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), dan seluruh operator seluler di Indonesia akan menggeber penertiban program registrasi prabayar dengan meminta pelanggan seluler untuk mendaftarkan identitas lengkapnya melalui layanan/retail yang sudah ditunjuk oleh operator seluler penyedia kartu prabayar. Dalam pendaftaran itu, pelanggan akan diminta kartu identitasnya. Dengan sistem ini, maka registrasi kartu prabayar bisa lebih diperketat dan mengurangi pelanggan “palsu” yang membeli kartu SIM untuk iseng atau bahkan melakukan kejahatan digital, seperti dilansir dari DetikInet, Rabu (14/10/2015).

Namun Menkominfo Rudiantara sendiri mengatakan bahwa aturan ini belum final dan masih akan ada perubahan tata cara. Ia mengungkapkan sebelumnya retail atau penyedia layanan registrasi harus memakai semacam ID retail, namun hal ini kemungkinan masih akan diubah menjadi harus berbentuk fisik. Ia juga menambahkan pedagang kios mungkin saja menjadi tempat pendaftaran asal pedagang tersebut terdaftar sebagai mitra resmi operator seluler.

Rudiantara mengatakan dengan ditertibkannya registrasi prabayar, maka operator seluler akan mendapatkan pelanggan yang berkualitas. Seluruh pihak pun diminta agar lebih matang dengan mengejar pendapatan dari pada jumlah pelanggan. Rudiantara juga menambahkan, saat ini dari 300 juta SIM yang terdaftar, hanya 160-170 juta saja yang kustomer unik.

One Response
  1. rahmat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *