Banyak Pengujian Benchmark Buktikan Perbedaan Konsumsi Daya Chipset Apple A9 Hanya 2%-3%

Kolom Gadget – Setelah Ars Technica melakukan pengujian langsung terhadap chipset Apple A9 buatan Samsung dan TSMC, memang benar seperti pernyataan Apple bahwa perbedaannya hanya 2-3 persen.

Duo iPhone 6s menggunakan chipset Apple A9 yang diproduksi oleh dua perusahaan berbeda yaitu TSMC dan Samsung. Namun ada laporan yang menyebutkan bahwa perbedaan konsumsi chipset buatan kedua perusahaan memiliki perbedaan yang sangat besar, dimana chipset A9 buatan TSMC bisa bertahan 2 jam lebih lama. Hal ini sudah diklarifikasi oleh Apple bahwa perbedaan konsumsi daya chipset A9 hanya berkisar antara 2-3 persen saja.

Dalam pemakaian yang sebenarnya, memang benar chipset Apple A9 buatan TSMC masa pakainya lebih lama. Namun Apple telah mengklaifikasi bahwa perbedaannya sangat tipis sehingga tidak perlu diperdebatkan. Dan benar saja, hasil tes benchmark yang dilakukan oleh Ars Technica menunjukkan sebuah iPhone 6s yang menggunakan chipset A9 buatan Samsung saat digunakan browsing melalui Wi-Fi perbedaan daya tahan baterainya hanya 2,2% dibandingkan dengan chipset A9 buatan TSMC.

Sementara itu di GFXBench, perbedaannya hanya 4,3% dengan chipset A9 buatan TSMC lebih tahan lama. Pengujian baterai yang dilakukan menggunakan WebGL menunjukkan jika chipset A9 buatan Samsung lebih hemat daya, namun perbedaannya hanya 1% jika dibandingkan dengan chipset A9 buatan TSMC.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *