Hindari Sensor, Apple News Ternyata Dinonaktifkan di Tiongkok

Kolom Gadget – Aplikasi Apple News saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat. Namun ternyata, saat pengguna Amerika Serikat membawa aplikasi ini ke Tiongkok, layanan Apple News akan dinonaktifkan oleh Apple.

Aplikasi Apple News mungkin terdengar asing di telinga anda pengguna perangkat iOS di Indonesia. Pasalnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk pasar Amerika Serikat saja. Aplikasi ini memang tersedia di negara lain seperti Inggris dan Australia, namun masih dalam tahap pengujian.

Menurut laporan New York Times, Senin (12/10/2015), ada satu negara dimana Apple akan menonaktifkan aplikasi Apple News tiap kali ponsel yang menginstal aplikasi ini dibawa ke negara itu. Negara itu adalah Tiongkok yang memang terkenal dengan aturan sensornya yang ketat. Di Tiongkok, tiap kali turis Amerika Serikat yang melancong ke negara tersebut, aplikasi Apple News yang terinstal dalam ponselnya akan langsung dinonaktifkan.

Informasi ini bersumber dari orang-orang Amerika Serikat yang pergi ke Tiongkok, setelah kembali ke negara asal mereka menemukan aplikasi tidak bisa bekerja dengan pesan peringatan seperti: “Tidak dapat menyegarkan sekarang,” atau “Berita tidak didukung di wilayah Anda saat ini”. Ternyata, pemerintah Tiongkok telah memerintahkan perusahaan-perusahaan untuk menyensor materi sensitif yang ada dalam feed berita. Hal ini membuat Apple menonaktifkan secara otomatis layanan aplikasi Apple News untuk menghindari sensor.

Apple tampaknya memang tak ingin mencari masalah dengan negara Tiongkok yang memang dikenal ketat dengan aturan sensornya itu. Apalagi Tiongkok merupakan negara dengan pasar terbesar di dunia yang telah menyumbangkan pendapatan sebesar USD 13 miliar selama kuartal ketiga bagi perusahaan asal Cupertino itu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *