SwiftKey Umumkan Neural Alpha, Keyboard Virtual Pertama yang Gunakan Jaringan Saraf

Kolom Gadget – SwiftKey mengumumkan teknologi barunya dalam memprediksi kata bahkan kalimat yang akan kita gunakan saat mengetik menggunakan keyboard. Fitur ini adalah SwiftKey Neural Alpha yang saat ini sudah tersedia untuk Android.

SwiftKey melalui blog resminya pada Kamis (08/10/2015) baru saja mengumumkan inovasi barunya di dunia mobile dengan merilis SwiftKey Neural Alpha, keyboard yang memanfaatkan jaringan saraf dalam memprediksi input teks. SwiftKey juga mengklaim keyboard ini sebagai keyboard pertama yang menggunakan jaringan saraf.

Dengan fitur ini keyboard SwiftKey bisa memahami konteks yang sedang ditulis oleh pengguna dengan cara memanfaatkan otak digital. Ini sama seperti Google yang menggunakan jaringan saraf untuk memahami konteks bahasa lisan. Dengan teknologi ini keyboard SwiftKey mampu memprediksi teks lebih baik dari keyboard lainnya, yang bahkan bisa memprediksi seluruh pesan yang akan ditulis pengguna.

Ternyata, dalam melakukannya SwiftKey menerapkan mesin pembelajar yang akan mempelajari segala sesuatu yang pernah diketik oleh pengguna menggunakan keyboard SwiftKey. Namun dalam melakukannya, SwiftKey tidak memerlukan server besar yang terhubung secara online, karena semua di simpan secara internal dalam perangkat. SwiftKey bahkan mengklaim bahwa ini pertama kalinya teknologi model bahasa direkayasa secara khusus untuk beroperasi secara lokal di keyboard smartphone.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *