Jam Astronomi Praha jadi Tema Google Doodle Hari Ini

Kolom Gadget – Google hari ini memperingati hari ulang tahun Jam Astronomi Praha yang ke-605 tahunnya. Jam tangan ini dibuat pada tahun 1410 dan menjadi bukti kemajuan ilmu astronomi kala itu.

Dalam ulang tahun Jam Astronomi Praha (Prague Astronomical Clock) yang menginjak ke-605 tahun hari ini, Jumat (09/10/2015), Google memperingati perayaan itu dengan memajang gambar bertema Jam Astronomi Praha pada Doodle hari ini. Sebuah jam yang berada di kawasan Old Town Square.

Jam Astronomi Praha sendiri bukan jam biasa, seperti namanya, ini adalah jam mekanik bersejarah yang dibuat pada tahun 1410 oleh Mikuláš of Kadan dan seorang ahli matematika, profesor Jan Sindel yang berasal dari Universitas Charles. Jam ini berfungsi sebagai planetarium raksasa yang menyimpan pengetahuan tentang alam semesta di abad pertengahan.

Jam ini menjadi penunjuk pergerakan benda langit, kita juga bisa melihat beberapa komponen yang bergerak diatasnya seperti cincin zodiac untuk memperlihatkan zodiac waktu dan 2 ikon yang melambangkan pergerakan matahari dan bulan. Sehingga kita bisa melihat posisi matahari di berbagai musim. Jam ini juga terlihat dikawal 12 patung yang jelas memperindah jam klasik ini. Jumlah patung ini mewakili 12 angka pada jam tersebut.

Jam Astronomi Praha ini berada di alun-alun kota tua Praha, Republik Ceko, tepatnya di Balai Kota. Jam ini pula lah yang menjadi kebanggaan dan selalu dikunjungi turis yang berkunjung ke Ceko sekaligus menjadi bukti kemajuan Republik Ceko di masa lampau terutama di bidang astronomi, karena merupakan satu-satunya jam astronomi paling tua yang masih ada sampai sekarang ini dan berfungsi dengan baik.

Jam Astronomi Praha jadi Tema Google Doodle Hari Ini 2

One Response
  1. Sari Arlina Hsb

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *