Ini Komentar Apple Soal Konsumsi Daya Chipset Apple A9 Buatan Samsung dan TSMC

Kolom Gadget – Soal isu chipset Apple A9 buatan Samsung di iPhone 6s yang lebih “rakus” baterai dari pada chipset A9 buatan TSMC, Apple mengomentari laporan tersebut sebagai sesuatu yang menyesatkan.

Belakangan kita sering mendengar kisruh soal konsumsi daya baterai oleh chipset Apple A9 di iPhone 6s. Seperti kita ketahui bahwa chipset Apple A9 dibuat oleh dua perusahaan berbeda yaitu TSMC dan Samsung. Banyak pengguna yang melakukan pengujian benchmark menemukan bahwa chipset Apple A9 buatan TSMC lebih hemat daya dari pada chipset A9 buatan Samsung.

Terkait hal ini, Apple pun mengomentari laporan tersebut sebagai isu yang menyesatkan karena tidak sesuai dengan penggunaan baterai di dunia nyata. Apple mengatakan kepada iMore, Kamis (08/10/2015) bahwa daya tahan baterai iPhone 6s dan iPhone 6s Plus variasinya hanya 2-3 persen saja untuk masing-masing chipset yang dibuat oleh Samsung dan TSMC.

Santer dilaporkan sebelumnya bahwa chipset Apple A9 yang dibuat oleh Samsung lebih “rakus” baterai dari pada chipset Apple A9 buatan TSMC. Laporan bahkan menyebutkan bahwa iPhone 6s yang menggunakan chipset Apple A9 daya tahan baterainya 2 jam lebih lama. Namun hasil pengujian ini ternyata tak sesuai dengan pengujian yang dilakukan Apple dan menemukan bahwa perbedaannya sebenarnya tak terlalu signifikan sehingga bukanlah sesuatu yag harus diperdebatkan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *