Samsung Pay Kena Retas Hacker Tiongkok

Kolom Gadget – Sistem Loop Pay yang digunakan di Samsung Pay dilaporkan telah berhasil di retas oleh sekelompok hacker asal Negeri Tirai Bambu.

Menurut laporan baru dari New York Times, Kamis (08/10/2015), hacker asal Tiongkok telah berhasil membobol sistem komputer Loop Pay. Loop Pay adalah perusahaan mobile payment yang dibeli oleh Samsung dan sistem transmisi keamanan magnetiknya digunakan oleh Samsung untuk layanan Samsung Pay miliknya sehingga memungkinkan Samsung Pay digunakan di setiap pengecer dengan gesekan kartu kredit manapun.

Adalah Codoso Grup atau Sunshock Group, hacker yang dilaporkan telah membobol teknologi transmisi keamanan magnetik Loop Pay. Menurut Will Graylin yang menjabat sebagai chief executive LoopPay dan co-general manager Samsung Pay, hacker tersebut memang berhasil masuk ke jaringan perusahaan Loop Pay, namun tidak bisa menembus sistem yang berhubungan dengan pembayaran.

Anehnya yang sekaligus menjadi kabar buruk, disebutkan bahwa peretasan ini sudah dilakukan sejak bulan Maret, namun tidak diketahui hingga Agustus. Meski begitu Samsung mengklaim bahwa semua mesin yang terinfeksi telah dihapus. Meskipun beberapa ahli keamanan mengatakan masih terlalu dini bagi Samsung untuk mengatakan apa yang telah berhasil dicapai oleh kelompok hacker ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *