Profitibilitas Samsung Mulai Tumbuh Kembali

Kolom Gadget – Bisnis Samsung terus tumbuh meski bukan karena didorong dari bisnis mobile, melainkan bisnis semikonduktor. Ini juga merupakan yang terbesar sejak tahun 2009.

Saham Samsung mengalami lonjakan sebesar 8,7% dengan pendapatan operasional naik mencapai $6.3 miliar atau sebesar 79,8% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Meski hasil lengkapnya belum tersedia, namun angka ini jelas menunjukkan perkembangan yang positif karena merupakan yang terbesar sejak 2009. Pertumbuhan yang positif ini sekaligus mematahkan semua ekspektasi analis, seperti dilansir Bloomberg, Selasa (06/10/2015).

Dibalik profitibilitas Samsung yang tumbuh ini bukan divisi mobile, melainkan semikonduktor. Produk layar Super AMOLED buatan Samsung telah digunakan oleh perusahaan seperti Huawei terutama dalam membuat smartphone Nexus 6P yang sangat mendorong keuntungan dari penjualan display Samsung. Diperkirakan lebih dari 30% unit display mungkin telah terjual untuk Huawei.

Sementara itu bisnis semikonduktor Samsung lainnya menikmati keuntungan dari suksesnya Apple memasarkan perangkat iDevice. Ini pula yang membuat Samsung berada di posisi teratas dari perusahaan semikonduktor lainnya selama lima kuartal berturut-turut.

Sementara itu di divisi mobile memang tak sebaik nasib bisnis semikonduktornya. Namun Samsung diperkirakan akan mengalami kenaikan hingga 24% dari tahun ke tahun (sekitar $1.9 miliar), dan merupakan kenaikan pertama dari tahun ke tahun setelah terlepas dari masa-masa sulit tahun lalu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *