Fitur Backup Data WhatsApp ke Google Drive Akhirnya Tersedia Untuk Android

Kolom Gadget – Fitur backup data WhatsApp ke Google Drive yang selama ini dalam tahap penggodokan oleh WhatsApp akhirnya resmi tersedia. Hal ini diumumkan oleh Google melalui blog Google Drive.

Kita tau bahwa WhatsApp beberapa pekan atau bulan belakangan sedang menggodok fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mem-backup­ data WhatsApp mereka ke Google Drive. Informasi ini diketahui karena beberapa pengguna sudah melihat fitur tersebut ada di aplikasi WhatsApp mereka meskipun mungkin masih dalam tahap beta karena fitur ini terkadang hilang timbul.

Namun hari ini, fitur backup data WhatsApp ke Google Drive akhirnya resmi diumumkan, meskipun ada kejanggalan dalam pengumuman ini. Bagaimana tidak, pengumuman ini disampaikan oleh Google melalui blog resmi Google Drive pada Rabu (07/10/2015). Padahal, WhatsApp tidak ada hubungan apa-apa dengan Google. Bahkan WhatsApp dimiliki oleh Facebook yang notabenenya adalah rival Samsung untuk bisnis jejaring sosial.

Terlepas dari itu, Google mengungkap bahwa pengguna kini bisa mencadangkan obrolan, pesan suara, foto dan video WhatsApp pengguna ke Google Drive. Fitur ini pun akan segera tersedia di WhatsApp meski saat ini hanya untuk WhatsApp versi Android saja. Google sama sekali tidak menyebutkan fitur ini untuk WhatsApp versi iOS. Namun Fitur backup data WhatsApp ini sendiri memanfaatkan Google Drive API untuk bekerja, dan API tersebut juga tersedia untuk iOS sehingga ada kemungkinan fitur yang sama juga akan hadir di WhatsApp versi iOS.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *