Google Translate Kini Bisa Langsung Menerjemahkan Teks Dalam Aplikasi

Kolom Gadget – Menerjemahkan teks atau kalimat berbahasa asing dalam sebuah aplikasi seperti WhatsApp atau SMS kini tak lagi sulit karena Google Translate bisa langsung menerjemahkannya dalam aplikasi tersebut.

Selama ini, jika kita katakanlah mendapatkan SMS, pesan WhatsApp atau email berbahasa Inggris, kita harus repot-repot meng-copy dan paste teks tersebut dan membuka situs Google Translate atau aplikasi penerjemah lainnya untuk bisa menerjemahkan istilah tersebut. Namun segala hal yang merepotkan tersebut akan berakhir karena Google telah memperbarui aplikasi Google Translate mereka.

Menurut pengumuman Google di blog Google Translate, Selasa (06/10/2015), kini aplikasi Google Translate memungkinkan kita untuk langsung menerjemahkan teks dalam sebuah aplikasi tanpa perlu melakukan hal merepotkan diatas. Ini mulai bisa dilakukan sejak Google menggulirkan update Google Translate terbaru. Bagi anda para developer aplikasi, anda bisa mengintegrasikan Google Translate ke dalam aplikasi anda untuk mendapatkan fitur ini. Dengan begini, pengguna aplikasi anda tidak perlu meninggalkan aplikasi yang sedang mereka jalankan hanya untuk menerjemahkan beberapa kata atau kalimat dari teks berbahasa asing yang diterima.

Namun bagi pengguna sendiri, fitur ini mungkin masih belum tersedia di beberapa aplikasi karena fitur ini baru dirilis. Masih belum banyak developer yang menerapkan fitur ini ke dalam aplikasinya. Namun dalam beberapa bulan hingga tahun ke depan fitur ini mungkin akan mulai bisa anda gunakan. Untuk saat ini, baru beberapa aplikasi saja yang sudah menerapkan fitur tersebut seperti TripAdvisor, WhatsApp dan LinkedIn.

Jadi, jika anda menerima notifikasi bahwa aplikasi memiliki versi terbaru, segera perbarui aplikasi anda karena siapa tau fitur ini sudah diterapkan pada aplikasi tersebut. Namun fitur ini sendiri untuk saat ini eksklusif tersedia untuk Android saja.

One Response
  1. Arianto

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *