YiSpecter, Malware Baru iOS Hantui Pengguna iPhone dan iPad di Asia

Kolom Gadget – Pengguna perangkat iOS di Asia, khususnya di Tiongkok terancam dengan malware baru bernama YiSpecter. Sebuah malware yang menginfeksi perangkat melalui aplikasi.

Tak perduli platform apapun itu tak pernah lepas dari ancaman keamanan. Android misalnya, platform ini memiliki celah yang sangat terbuka disebut dengan Stagefright, mengancam sekitar 95% perangkat Android diseluruh dunia. iOS pun begitu juga, meski platform ini dianggap memiliki tingkat keamanan yang tinggi (setidaknya itulah yang dipikirkan pengguna perangkat iOS), namun tetap tak lepas dari ancaman keamanan.

Platform mobile milik Apple ini menurut perusahaan keamanan Cyber, Palo Alto Networks terancam oleh sebuah virus yang disebut dengan YiSpecter. Malware ini menjangkiti perangkat pengguna melalui aplikasi bajakan yang di unduh oleh pengguna. Sekali program jahat ini menginfefksi perangkat, maka YiSpecter akan mengubah mesin pencari default Safari dari perangkat iOS. Selain itu, bookmark juga dimodifikasi oleh program jahat ini serta meng-upload informasi perangkat tertentu tanpa seizin pengguna.

Disebutkan bahwa malware YiSpecter menginfeksi perangkat iOS dengan menyalahgunakan API private sehingga bisa menguduh dan menginstalnya satu sama lain dari server terpusat. Disebutkan bahwa malware YiSpecter menginfeksi perangkat iOS dengan menyalahgunakan API private sehingga bisa menguduh dan menginstalnya satu sama lain dari server terpusat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *