Smartphone dan Tablet ASUS Mendatang Bawa Aplikasi Microsoft Office

Kolom Gadget – Asus dan Microsoft telah mengikat kesepakatan yang membuat ASUS menyertakan aplikasi Office di perangkat smartphone dan tablet buatannya. Sebagai gantinya, ASUS bisa menggunakan teknologi yang telah dipatenkan oleh Microsoft.

Microsoft dan Google merupakan rival khususnya di pasar mobile. Microsoft dengan sistem operasi Windows 10 miliknya dan Google dengan Android. Pasar Windows 10 Mobile sendiri masih jauh berada dibawah Android, sedangkan Android sudah berada di posisi puncak. Namun sebenarnya, posisi puncak Android juga memberikan keuntungan secara finansial bagi Microsoft.

Berkat paten milik Microsoft yang ada dan digunakan oleh produsen smartphone Android, Microsoft mendapatkan royalti dari produsen ponsel Android. Namun Microsoft tampaknya sudah cukup kaya untuk menerima uang dari berbagai produsen Android dan lebih memilih menggunakan patennya untuk mempopulerkan aplikasi Office miliknya. Microsoft akan mengurangi biaya lisensi paten atau bahkan membebaskan produsen ponsel dari kewajiban membayar royalti kepada Microsoft asalkan produsen menginstall aplikasi Microsoft Office ke smartphone yang mereka produksi.

Sudah ada sekitar 30 produsen yang terikat kerjasama ini dengan Microsoft yang salah satunya adalah Samsung.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *