Alphabet, Perusahaan Induk Google Kini Telah Diresmikan

Kolom Gadget – Mulai Jumat, Alphabet telah diresmikan dan Google kini resmi menjadi anak perusahaan Alphabet dengan Sundar Pichai sebagai nahkodanya.

Setelah mengumumkan rencana perusahaan untuk melakukan restrukturisasi dengan membangun perusahaan baru yang akan menjadi induk perusahaan bagi Google, kini perusahaan induk bernama Alphabet itu akhirnya diresmikan, Jumat (02/10/2015).

Dengan diresmikannya Alphabet, maka Google tak lagi menjadi perusahaan induk untuk beberapa layanannnya yang telah mereka bangun selama bertahun-tahun. Google saat ini akan membawahi layanan Search, Youtube dan Android. Sementara di pasar modal, Alphabet akan menggantikan Google namun dengan simbol yang sama yaitu GOOG.

Peresmian ini sendiri dilaporkan blog Investor Relations, dimana Google menuliskan bahwa “merger Alphabet sekarang (sudah) efektif”. Dengan begini, Google akan menjadi bagian dari Alphabet dan Sundar Pichai resmi menjadi CEO Google yang baru. Sementara Alphabet sendiri dinahkodai oleh Larry Page.

Bisnis lainnya ditangani oleh anak perusahaan Alphabet lainnya seperti Google X yang menggarap mobil tanpa pengemudi autonomous car, sedangkan pendanaan startup akan ditangani oleh Capital and Ventures.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *