Duh, Celah Keamanan Stagefright di Android Kembali Lagi

Kolom Gadget – Tim peneliti kembali menemukan celah Stagefright di sistem operasi Android milik Google. Celah ini memungkinkan perangkat Android diserang melalui file multimedia.

Celah keamanan Stagefright yang ditemukan pada bulan Juli lalu telah mengancam semua perangkat Android diseluruh dunia. Meski produsen ponsel dan Google sudah meluncurkan update patch keamanan untuk penggunanya, namun ternyata Stagefright kembali lagi.

Zimperium, tim ahli keamanan mobile yang sebelumnya telah menemukan Stagefright kini kembali menemukan lubang keamanan yang sama di perpustakaan multimedia Android. Dengan celah keamanan yang baru saja ditemukan ini, perangkat Android rentan diretas (hack) melalui file audio berbahaya yang dienkripsi baik dalam MP3 maupun MP4. Hal ini diumumkan di blog resmi Zimperium Senin (01/10/2015).

Celah keamanan ini membuat perangkat anda mungkin bisa terinfeksi virus berbahaya, dengan jalan misalnya: saat anda membuka sebuah website yang berisi file multimedia berbahaya, lalu OS mencoba untuk melihat pratinjau file media itu, maka perangkat anda akan terinfeksi. Seperti kita ketahui bahwa Google menyediakan beberapa versi dari fungsi pratinjau (preview) di sistem operasi Android-nya. Sayangnya, tidak ada batasan seberapa besar potensi serangan baru ini. Peneliti Zimperium mengatakan 950 juta perangkat Android mungkin rentan terhadap serangan melalui celah Stagefright yang baru ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *