Perang Paten, Google dan Microsoft Gencatan Senjata

Kolom Gadget – Setelah sekian lama Microsoft dan Google perang paten di pengadilan, keduanya kini memutuskan untuk mengubur perselisihan diantara mereka dan bekerjasama di masa depan untuk menguntungkan pelanggan mereka.

Kita sudah melihat banyak perang paten antar perusahaan teknologi raksasa. Perang yang paling sering terjadi tentu saja Apple dengan Samsung. Namun bukan hanya mereka, perusahaan teknologi lain seperti Google dan Microsoft juga sering bersitegang terkait paten yang mereka miliki. Namun Google dan Microsoft baru saja sepakat untuk melakukan gencatan senjata dan mengakhiri perang paten mereka, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (30/09/2015).

Google dan Microsoft sendiri sejauh ini memiliki 18 paten yang dipermasalahkan di Amerika Serikat dan Jerman, yang tak hanya mencakup paten teknologi mobile, tetapi juga Xbox, WiFi dan berbagai produk Windows. Motorola bahkan jadi ikut-ikutan terlibat semenjak perusahaan ini diakuisisi oleh Google sebelum akhirnya dibeli oleh Lenovo. Hingga akhirnya kemarin, Rabu (30/09/2015) keduanya sepakat untuk melakukan gencatan senjata.

Kedua perusahaan pun telah mengeluarkan pernyataan mengenai hal ini. “Google dan Microsoft telah sepakat untuk berkolaborasi dengan paten-paten tertentu dan mungkin bekerjasama di area lain di masa depan untuk menguntungkan pelanggan kami.” Namun Microsoft menegaskan bahwa kesepakatan ini bukan berarti kedepannya tidak akan ada lagi gugatan paten yang dilayangkan oleh mereka.

Dengan diberlakukannya gencatan senjata antara Google dan Microsoft, maka kita hanya tinggal menunggu apakah Apple dan Samsung akan mengikuti langkah kedua perusahaan ini atau akan terus bertempur dengan paten mereka.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *