Android 6.0 Marshmallow Akan Tambahkan Menu Baru “Security Patch Level”

Kolom Gadget – Di Android 6.0 Marshmallow, Google menambahkan menu baru di Pengaturan yang memungkinkan pengguna untuk melihat daftar pembaruan patch keamanan yang telah diterima smartphone.

Minggu depan, Google akan meluncurkan sistem operasi anyarnya Android 6.0 Marshmallow untuk beberapa smarphone Nexus. Di versi terbaru OS Android ini, Google ternyata akan menambahkan menu baru di “Settings > About”. Menu baru ini adalah “Security Patch Level”, seperti dilansir dari PhoneArena, Rabu (30/09/2015).

Menu “security patch level” memungkinkan pengguna melihat level keamanan Android yang telah diterima perangkat. Sehingga tiap kali ponsel mendapatkan pembaruan keamanan melalui OTA, informasi detailnya akan tercantum di menu ini yang menampilkan informasi tanggal untuk setiap update keamanan terbaru.

Ditambahkannya menu baru ini sebenarnya berkaitan dengan celah keamanan Stagefright yang ditemukan sebelumnya dan mengancam seluruh perangkat Android. Setelah kejadian ini, Google dan beberapa produsen memutuskan untuk menggulirkan update keamanan setiap bulan. Adrian Ludwig, kepala keamanan Google pun yakin jika hal ini akan membuat perubahan yang besar untuk produsen dan operator. “Saya pikir dalam beberapa bulan ke depan, kita akan melihat banyak banyak perangkat yang diperbarui setiap bulan”.

Untuk setiap pengguna smartphone Android, sangat disarankan untuk memeriksa setiap pembaruan keamanan yang mereka terima minimal sekali tiap bulan untuk memastikan perangkat Android mereka tidak tertinggal mendapatkan patch keamanan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *