Windows Store Punya 669.000 Aplikasi Untuk Ponsel, Tablet dan Desktop

Kolom Gadget – Microsoft baru saja mengumumkan pencapaian terbarunya. Saat ini, Windows Store sudah memiliki 669.000 aplikasi. Meski belum sebanyak App Store dan Play Store, namun angka ini meningkat sejak tahun lalu.

Aplikasi menjadi faktor penentu paling penting sebuah platform bisa populer. Tanpa aplikasi, suatu platform mobile tidak akan bisa populer. Hal ini pula yang membuat kebanyakan pengguna smartphone Android dan iOS enggan “selingkuh” dengan platform lain. Microsoft di situs resminya seperti dilaporkan WMPU pada Minggu (27/09/2015) baru saja mengumumkan bahwa Windows Store mereka saat ini telah memiliki 669.000 aplikasi tersedia untuk tablet, smartphone dan PC.

Jumlah aplikasi ini tentu meningkat hingga 67% sejak awal tahun 2014 lalu. Namun mengingat Microsoft dalam hal ini ikut memasukkan aplikasi PC, maka jumlah angka sebenarnya yang bisa digunakan untuk perangkat smartphone Windows 10 tentu kurang dari ini. Namun aplikasi di Windows 10 sendiri bersifat universal, sehingga memang ada aplikasi yang selain bisa digunakan di PC, juga tersedia versi smartphone Windows.

Jika dibandingkan, jumlah ini memang masih kalah dengan jumlah aploikasi yang ditawarkan oleh dua rivalnya iOS dan Android. Di Apple App Store, jumlah aplikasinya mencapai 1,5 juta unit. Sedangkan di Google Play Store aplikasi mencapai 1,6 juta unit. Aplikasi di Windows Store bahkan ada yang tidak terurus dengan baik seperti aplikasi Instagram yang memang masih saja dalam tahap beta setelah hampir dua tahun lamanya.

Microsoft harus lebih gencar menggaet developer untuk membuat aplikasinya jika memang benar-benar ingin Windows 10 Mobile menjadi platform yang populer.Windows 10 edisi PC sudah populer lebih dulu, namun Windows 10 Mobile nasibnya memang masih belum sebaik versi PC-nya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *