Tiongkok Punya NeoKylin, OS Populer Mirip Windows XP

Kolom Gadget – Pemerintah Tiongkok mencoba mengurangi ketergantungannya terhadap produk Microsoft dengan membuat sistem operasi sendiri bernama NeoKylin yang mirip dengan OS Windows XP.

Di Tiongkok, pemerintah disana memiliki program agar negaranya terlepas dari ketergantungan dari negara lain. Hal itu dilakukan dari berbagai sektor dan salah satunya adalah sistem operasi. Untuk itu, pemerintah Tiongkok mengembangkan sistem operasi sendiri bernama NeoKylin, sebuah OS yang memang cukup populer di Tiongkok.

Bekerjasama dengan pembuat OS berbasis Ubuntu – Canonical, sistem operasi ini mulai dikembangkan pada tahun 2013 agar Tiongkok tidak terlalu bergantung pada Microsoft. Namun meski tujuan utamanya untuk mengurangi ketergantungan terhadap Microsoft, sistem operasi ini sendiri terlihat sangat mirip dengan Windows XP, seperti dilansir dari The Verge pada Jumat (25/09/2015).

Awal-awal kehadirannya, NeoKylin memang tidak terlalu populer disana. Namun versi kedua sistem operasi ini ternyata menjadi salah satu OS yang paling populer sebagai pengganti OS Windows. Bahkan 40% PC yang diproduksi oleh Dell seperti Dell Latitude, Dell OptiPlex dan Dell Precision workstation dikapalkan dengan menggunakan OS NeoKylin.

Seperti diketahui bahwa pemerintah Tiongkok berang dan memutuskan untuk memblokir Windows 8 saat Microsoft menghentikan dukungannya terhadap Windows XP. Tak aneh jika pemerintah membuat OS alternatif yang mirip dengan Windows XP.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *