Analis: Blackberry Perlu Singkirkan Blackberry 10 dan Beralih ke Android

Kolom Gadget – Seorang analis menyarankan Blackberry untuk menyingkirkan platform miliknya Blackberry 10, dan mulai beralih sepenuhnya ke platform yang populer sekarang ini, Android.

Blackberry 10 merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Blackberry sendiri. Bersama BB10, Blackberry pernah mengalami masa-masa indah berdiri di puncak pasar ponsel dunia. Namun pasar berubah, membuat Blackberry jatuh terjerembab ke jurang terbawah.

Akhir-akhir ini, sering terdengar kabar bahwa Blackberry tengah bekerja membuat ponsel bersistem operasi Android dengan nama Blackberry Venice. Namun kemarin terdengar kabar bahwa nama resmi Venice akan menjadi Blackberry Priv. Ponsel tersebut akan menjadi smartphone pertama Blackberry yang menggunakan OS selain Blackberry 10. Terkait hal ini, salah seorang analis dari Scotia Capital, Daniel Chan seperti dilansir dari publikasi Korea, Etoday pada Rabu (24/09/2015) mengatakan bahwa Blackberry perlu beralih sepenuhnya ke Android bahkan untuk smartphone mereka yang akan datang.

Dengan beralihnya ke Android, menurut Daniel Chan Blackberry bisa menghemat $ 266 juta per tahun. Penghematan akan datang dari dirumahkannya 1.400 karyawan yang berada di divisi R&D. Selain itu, dengan menggunakan Android maka Blackberry bisa dengan mudah mencapai target penjualan 10 juta handset per tahun, karena hal itu bisa mewakili kurang dari 1% pasar untuk ponsel Android.

Chan mengatakan bahwa BB10 telah gagal memulihkan kondisi Blackberry dan terus menjadi sumber kerugian utama bagi perusahaan. Namun perlu dicatat bahwa Blackberry sendiri tidak bisa begitu saja membuang BB10 saat ini, karena perusahaan masih memiliki kontrak yang harus dipenuhi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *