Qualcomm Rumahkan 1.300 Karyawannya

Kolom Gadget – Ancaman persaingan dari MediaTek membuat keuntungan Qualcomm terus menurun. Hal ini memaksa Qualcomm untuk melakukan efisiensi dengan melakukan PHK terhadap 1.300 karyawannya.

Qualcomm saat ini menjadi perusahaan chip mobile ternama di dunia. Popularitasnya bahkan mengalahkan banyak perusahaan sejenis lainnya. Namun siapa sangka dibalik popularitasnya itu Qualcomm juga mengalami masa-masa yang sulit.

Setelah Juli lalu Qualcomm berencana untuk memangkas pekerjanya secara global sebanyak 15% (sekitar 31.300 karyawan), hari ini rencana itu benar-benar terjadi. Qualcomm seperti dilansir dari AFP telah mengirimkan email pemberitahuan kepada pekerjanya 60 hari sebelum melakukan PHK. Disebutkan ada 1.300 karyawan full time yang di PHK yang beberapa diantaranya 158 karyawan di Boulder Colorado, 130 karyawan di San Francisco Bay Area, 65 karyawan di Andover Massachusetts dan lainnya di markas Qualcomm di San Diego, dengan hari terakhir mereka bekerja adalah tanggal 20 November 2015. Qualcomm pun memberikan pesangon dan outplacement bagi mereka yang terdampak PHK.

Disebutkan bahwa salah satu pemicu yang membuat Qualcomm melakukan PHK karena terancamnya posisi Qualcomm oleh perusahaan semikonduktor mobile asal Taiwan, MediaTek yang memang memiliki produk chip dengan harga lebih murah dari Snapdragon milik Qualcomm. Keuntungan Qualcomm pada bulan April lalu bahkan dilaporkan merosot hingga 46%. Hal ini memaksa Qualcomm untuk melakukan efisiensi, yang salah satu caranya adalah dengan memberhentikan karyawan mereka.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *