Kebobolan Terbesar Dalam Sejarah Apple, Malware XcodeGhost Hantui Pengguna iOS dan Mac OS

Kolom Gadget – Apple baru saja mengalami kebobolan terbesar sepanjang sejarah, dimana di dalam App Store terdapat ratusan aplikasi yang disusupi malware XcodeGhost dan membuat Apple harus turun tangan menghapus malware tersebut.

Saat anda bertanya platform apa yang paling aman saat ini, maka kebanyakan dari anda akan mengatakan Mac OS dan iOS. Ya, tak heran karena Apple memang terkenal dengan keamanannya yang tinggi. Apple juga memberlakukan penyaringan yang kuat terhadap aplikasi-aplikasi yang masuk ke App Store. Sampai saat ini saja, berdasarkan informasi dari Palo Alto Network, App Store hanya pernah dimasuki 5 malware saja.

Namun baru-baru ini Apple ternyata kebobolan lagi, sebuah malware bernama XcodeGhost telah masuk menyusup ke App Store melalui sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi iOS dan Mac OS palsu. Para developer yang tertipu memaksa Apple untuk “turun gunung” demi menghapus semua aplikasi yang dibuat menggunakan Xcode palsu dan disusupi malware tersebut pada hari Minggu (20/09/2015). Masuknya XcodeGhost dianggap sebagai kebobolan terbesar sepanjang sejarah App Store.

Beberapa perusahaan keamanan cyber sebelumnya juga sudah melaporkan bahwa terdapat ratusan aplikasi resmi di App Store yang disusupi XcodeGhost dan sudah terinstal di iPhone dan iPad pengguna.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *