Terjalnya Jalan Apple Hadirkan Apple Pay di Tiongkok

Kolom Gadget – Setelah melalui jalan yang terjal, Apple akhirnya berhasil menembus pasar Tiongkok untuk menghadirkan platform pembayaran mobile miliknya di Tiongkok.

Apple Pay sejauh ini baru tersedia di Amerika Serikat, Inggris dan Kanada.. Tampaknya, Apple pun akan membawa platform pembayaran mobile miliknya Apple Pay ke Tiongkok. Dibandingkan dengan tiga negara tersebut diatas, tantangan yang akan Apple hadapi untuk membawa Apple Pay ke Tiongkok jelas lebih sulit. Namun ternyata zona perdagangan bebas Shanghai telah terbuka bagi Apple Pay.

Layanan Apple Pay di Tiongkok yang bernama Apple Technology Service Shanghai Ltd telah terdaftar di database pendaftaran perusahaan di pemerintah Shanghai sejak 10 Juni. Di deskripsi operasi bisnis juga tertulis jelas “konsultasi, jasa dan integrasi sistem di bidang pembayaran”, seperti dilansir dari GSMArena (19/09/2015).

Apple sendiri dalam menyediakan layanan Apple Pay di Tiongkok sebelumnya berencana bermitra dengan UnionPay yang mengatur seluruh pembayaran NFC di negara komunis itu. Namun peraturan pemerintah membuat negosiasi kedua belah pihak berjalan lambat dan tidak membuahkan hasil. Peraturan itu adalah Keharusan operasi layanan pembayaran untuk disetujui terlebih dahulu oleh pemerintah dan bank sentral.

Bukan Cuma UnionPay, Apple juga mencoba bermitra dengan perusahaan Tiongkok, Alibaba dengan cara mengintegrasikannya dengan sistem pembayaran Alibaba yang bernama Alipay. Namun cara ini pun menemui jalan buntu karena UnionPay mengontrol sistem pembayaran NFC di Tiongkok.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *