Gara-gara Snapdragon 820, Xiaomi Mi 5 Tak Jadi Rilis Tahun Ini

Kolom Gadget – Qualcomm tampaknya berhasil merayu Xiaomi agar menggunakan Snapdragon 820 di Xiaomi Mi 5. Namun karena menggunakan Snapdragon 820 itu pula, Xiaomi harus menunda peluncuran Mi 5 hingga tahun depan.

Qualcomm akhirnya resmi merilis chipset kebanggaannya Snapdragon 820, selain juga merilis dua chipset lainnya yaitu Snapdragon 617 & 430. SoC Snapdragon 820 dibuat dengan menggunakan core kustom Kyro dengan proses 14nm milik Samsung.

Soal siapa yang pertama kali membawa Snapdragon 820 dalam ponselnya, kemungkinannya ada dua yaitu Xiaomi dengan Mi 5 dan Samsung dengan Galaxy S7. Informasi ini didapatkan dari pertemuan Qualcomm dengan seluruh vendor dunia. Dari situlah terungkap bahwa ponsel dengan chipset Snapdragon 820 yang akan hadir pertama kali adalah salah satu dari dua smartphone tersebut, yang akan hadir pada kuartal pertama 2016.

Disebutkan juga bahwa demi menunggu Snapdragon 820, Xiaomi rela menunda rilis Xiaomi Mi 5 menjadi tahun depan. Qualcomm tampaknya berhasil merayu Xiaomi agar menunggu Snapdragon 820 dari pada menggunakan Helio X20 milik MediaTek, dengan menjanjikan peningkatan performa hingga 40% namun juga menghemat daya hingga 30% jika menggunakan Snapdragon 820. Namun perlu dicatat, ada juga kemungkinan akan hadir varian lain Mi5 yang menggunakan Helio X20.

Qualcomm juga menjanjikan jika isu yang sebelumnya mendera Snapdragon 810 tak akan lagi ditemukan di Snapdragon 820 karena chipset barunya ini memakai arsitektur quad-core yang tiap core-nya memakai rancangan kustom sendiri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *