HoloLens Mungkin Baru Bisa Dibeli 5 Tahun Lagi

Kolom Gadget – CEO Microsoft, Satya Nadella mengisyaratkan bahwa perangkat virtual reality mereka, HoloLens baru akan tersedia untuk pelanggan bebas sekitar 5 tahun lagi.

Kita sangat antusias saat mendengar Microsoft mengumumkan HoloLens. Sebuah perangkat augmented reality yang tak hanya bisa digunakan untuk bermain game, namun benar-benar bisa menjadi perangkat komputasi layaknya komputer. Pertanyaannya, kapan HoloLens bisa kita gunakan?

Sayangnya, selama konferensi pelanggan Dreamforce CEO Microsoft Satya Nadella mengisyaratkan kalau HoloLens mungkin baru bisa menjadi produk yang bisa dibeli sekitar 5 tahun lagi. Microsoft percaya bahwa realitas tertambah (augmented reality) adalah masa depan, Microsoft tertarik pada VR lebih dari aspek teknologi virtual reality.

Nadella menyampaikan bahwa HoloLens adalah “perjalanan lima tahun” karena ia mengakui bahwa ada lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Meski begitu, para developer sendiri sudah bisa menggunakannya tahun 2016 mendatang. Tak heran karena sebuah platform akan berkembang tergantung pada developer itu sendiri. Dan Nadella telah mengkonfirmasi hal ini.

Meski masih jauh dari rilis yang sebenarnya, namun kita bisa berharap agar HoloLens tidak seperti Google Glass yang sampai saat ini masih belum jelas nasibnya.

Selain Microsoft, produsen lain seperti Sony, Facebook, Oculus dan HTC sudah bersiap meluncurkan perangkat VR mereka di tahun 2016. Apakah Microsoft tidak tertinggal dari produsen lain, jika harus merilisnya 5 tahun lagi?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *