Chipset Kirin 950 Buatan Huawei Mungkin Diperkenalkan Bulan Depan

Kolom Gadget – Huawei diharapkan akan merilis chipset terbarunya Kirin 950 bulan depan. Hal ini disampaikan langsung oleh CEO Huawei, Yu Chengdong.

Sebagai salah satu produsen yang memenuhi kebutuhan chipset ponselnya dengan chipset buatannya sendiri, Huawei harus terus menggulirkan chipset generasi terbaru yang akan dipakai di smartphone high-end terbarunya. Kirin 950 pun akan menjadi SoC terbaru yang mereka rilis tahun ini.

Chipset ini seperti dilansir dari GizmoChina (17/09/2015) diharapkan akan dirilis bulan depan. Yu Chengdong yang menjabat sebagai CEO Huawei mengatakan kalau Kirin 950 akan lebih hebat dalam hal kecepatan kinerja dari chipset buatan Qualcomm dan MediaTek. Kemungkinan Huawei Honor 7 Plus dan Huawei Mate 8 akan menjadi dua smartphone pertama yang menggunakan Kirin 950.

Kirin 950 sendiri dibuat oleh TSMC dengan menggunakan pemrosesan 16nm. Mengandung empat-core Cortex-A72 dan empat-core Cortex-A53 dan dibangun menggunakan arsitektur big.LITTLE yang mampu mencapai kecepatan clock 2.4GHz. Didalamnya juga terkandung GPU Mali-T880 dan mendukung RAM LPDDR4 dual-channel. Chipset ini mendukung kamera hingga resolusi 42MP. Tertanam juga pada board-nya Tensilica Hi-Fi 4 DSP audio secara independen. Chipset ini juga mendukung LTE Cat.10.

Perolehan benchmark sendiri berdasarkan data yang bocor di GeekBench tempo hari, Kirin 950 mampu mencetak skor 1.906 pengujian single-core, dan 6.096 multi-core. Angka itu jelas mengalahkan skor yang dicetak oleh chipset Exynos 7420 buatan rivalnya, Samsung yang mencetak skor masing-masing 1.486 dan 4.970.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *