Cyanogen Ganti Asisten Virtual Android (Google Now) Dengan Cortana

Kolom Gadget – Hal mengejutkan terdengar dari Cyanogen karena berencana membuat Cortana terintegrasi dengan Cyanogen OS yang notabenenya dibuat berdasarkan pada OS Android. Cyanogen di masa depan akan menggantikan kedudukan Google Now dengan Cortana sebagai asisten virtual standar di Cyanogen OS.

Android adalah sistem operasi Google yang memiliki fitur asisten virtual sendiri yakni Google Now. Sedangkan Cyanogen OS adalah ROM kustom garapan Kirk McMaster dan kawan-kawan dalam Cyanogen. ROM Cyanogen OS ini sendiri didasarkan pada Android.

Menariknya, Cyanogen selalu ingin melampaui batas-batas yang ditetapkan oleh Google. Bahkan baru-baru ini Cyanogen disebutkan bakal menggantikan Google Now dalam ROM buatannya itu dan menggantinya dengan asisten virtual milik Microsoft, Cortana.

Hal ini memang tidak aneh mengingat Cyanogen dan Microsoft memang telah bekerjasama selain juga beberapa perusahaan lainnya seperti Truecaller dan Smartfren. Sehingga tidak terlalu mengherankan jika Cyanogen ingin membuat Cortana terintegrasi dengan Cyanogen menggantikan Google Now.

Cortana sendiri sejatinya memang sudah tersedia untuk Android, namun fitur-fiturnya terbatas karena tidak terintegrasi dengan OS milik Google itu. Namun di Cyanogen OS, Cortana akan bisa digunakan lebih maksimal oleh pengguna.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *