Apple A9 & A9X, Chipset Berkinerja Desktop Dengan Co-Prosesor M9

Kolom Gadget – Apple akhirnya meluncurkan beberapa perangkat mereka. iPad pro dan iPhone 6s & 6s Plus adalah dua dari beberapa perangkat lainnya termasuk Apple TV dan iPad mini 4 yang mereka luncurkan. Untuk iPhone 6s dan iPad Pro, keduanya masing-masing menggunakan chipset Apple A9 dan Apple A9X. Sehandal apa chipset ini?

Perangkat Apple yang terbaru yakni iPad Pro dan duo iPhone 6s menggunakan Apple A9X dan Apple A9 sebagai pemacu kinerja. Chipset ini pun turut diumumkan oleh Apple. Apa yang bisa diandalkan dari chipset terbaru ini?

Apple mengklaim bahwa chipset Apple A9X terbaru mereka itu lebih cepat. Chipset ini dibuat menggunakan teknologi pemrosesan 14nm FinFET milik Samsung yang di klaim lebih cepat 1,8 kali dari chipset tercepat Apple sebelumnya yaknio Apple A8X yang sebelumnya dibenamkan oleh Apple di iPad Air 2, termasuk kemampuan mengolah grafisnya. Apple juga mengklaim CPU ini memiliki bandwidth memory dan penyimpanan yang lebih cepat.

Selain itu juga diluncurkan Apple A9, chipset 64-bit generasi ketiga yang dibenamkan kedalam iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang dibuat menggunakan proses produksi 14nm FinFET. Chipset ini 70% lebih cepat dari chipset Apple A8 sebelumnya dan GPU 90% lebih cepat dalam merender tugas-tugasnya, seperti dilansir dari PhoneArena (09/09/2015). Apple juga mendampingi chipset utamanya ini dengan co-processor baru Apple M9 yang memungkinkan Siri menerima perintah dengan memanggil “Hei Siri” jika ponsel terkunci.

Soal kecepatan clock, anda tak perlu meragukan kualitas kelas desktop dari chipset ini yang diklaim oleh Apple sekelas dengan arsitektur baru Skylake milik Intel, dan 80% lebih cepat dari kinerja PC portable yang dikirimkan setahun ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *