Google Akan Kembali ke Tiongkok

Kolom Gadget – Google dilaporkan akan kembali ke Tiongkok setelah 5 tahun lamanya hengkang dari daratan China. Kali ini, Google ingin meluncurkan kembali Play Store yang dibuat khusus untuk Tiongkok.

Berulang kali diblokir oleh pemerintah Tiongkok membuat Google memutuskan untuk angkat kaki dari Negeri Tirai Bambu itu. Namun ternyata Google ingin kembali menginjakkan kakinya ke daratan China.

Tapi di Tiongkok Google bukan hendak menyediakan kembali layanan mesin pencarinya, melainkan menyediakan layanan Google Play Store. Menurut informasi yang dilansir dari Reuters, Google akan meluncurkan Play Store yang dibuat khusus untuk Tiongkok dan berharap agar pemerintah Tiongkok mengizinkan toko aplikasi ini.

Play Store khusus Tiongkok ini sendiri hanya bisa digunakan oleh perangkat Android terbaru. Selain itu, Google juga akan meningkatkan dukungannya terhadap perangkat wearable berbasis Android Wear yang ada di Tiongkok.

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini Google akan mematuhi peraturan hukum yang berlaku disana, misalnya menghapus aplikasi jika diminta oleh pemerintah Tiongkok. Seperti diketahui, pemerintah Tiongkok memberlakukan pengawasan yang sangat ketat terhadap konten-konten terlarang dan konten yang menentang kebijakan pemerintah. Hal ini membuat layanan Google diblokir oleh pemerintah Tiongkok.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *