Pasar Samsung Ditekan Produsen Lokal

Kolom Gadget – Pada kuartal kedua 2015, pasar Samsung di Indonesia merosot tajam dari 33% menjadi 24%. Ini karena Samsung ditekan oleh produsen lokal di Indonesia yaitu Evercross, Advan dan Smartfren.

Samsung tampaknya harus memikirkan strategi agar kursi kekuasaannya di Indonesia tak terlepas begitu saja. Pasalnya, Samsung saat ini tengah dibayangi-bayangi oleh produsen lokal seperti Evercross, Advan dan Smartfren terutama untuk pasar low-end dan mid-range, mengingat kedua segmen ini merupakan pasar yang sangat kompetitif di Indonesia.

Seperti diketahui bahwa Samsung saat ini menduduki vendor ponsel nomor satu di Indonesia, dengan Asus menempati posisi kedua. Sementara ketiga produsen lokal tersebut berada di posisi lima besar di Indonesia. Informasi ini didapatkan dari data terbaru Counterpoint Research seperti dilansir dari SamMobile (04/09/2015). Jika digabungkan, pangsa pasar ketiga vendor lokal ini adalah 36%. Sementara Samsung meski masih berada di posisi teratas namun sahamnya mengalami penurunan dari 33% menjadi 24% karena kinerja perusahaan yang lemah.

Disebutkan bahwa melemahnya pangsa pasar Samsung di tanah air lebih disebabkan oleh kurangnya perangkat low-end dan mid-range yang diluncurkan Samsung akhir-akhir ini, dan kita semua menyadari hal itu. Sebagai akibat dari lengahnya Samsung, maka banyak konsumen di Indonesia lebih memilih membeli smartphone dari produsen lokal. Samsung pun kehilangan banyak pasar di Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *