Developer Mampu Buat Samsung Galaxy Note5 Hasilkan Suara Surround Sound

Kolom Gadget – Salah seorang developer di XDA Developers baru saja menemukan sebuah cara agar Samsung Galaxy Note5 miliknya mampu mengeluarkan suara sekualitas surround sound.

Kebanyakan vendor-vendor smartphone besar biasanya merancang speaker ponsel bautannya agar tidak menghasilkan suara yang maksimal. Beberapa vendor bahkan menempatkan speaker ponselnya di sisi belakang. Sehingga saat digunakan untuk menonton video atau mendengarkan musik, kualitas suara yang dihasilkan akan sedikit berkurang.

Untungnya bagi anda pengguna smartphone Samsung Galaxy Note5, anda bisa membuat ponsel anda untuk menghasilkan suara sekualitas Surround Sound. Hal inilah yang telah berhasil dilakukan oleh salah seorang pengembang, sshafranko yang juga merupakan member XDA Developer. Ia berhasil membuat semacam efek pseudo pada ponsel Samsung Galaxy Note5 miliknya. Caranya, adalah dengan “memaksa” earpiece (earpiece yang biasanya terletak di sisi depan bagian atas ponsel, dan digunakan untuk menelpon tanpa mengaktifkan speaker) Samsung Galaxy Note5 agar mengeluarkan suara juga selain speaker utama. Dengan begitu, disaat yang sama anda akan mendapatkan suara dari speaker asli dan speaker tambahan dari earpiece. Hal ini tentu bisa menghasilkan suara surround sound.

Namun perlu dicatat bahwa kualitas suara yang dihasilkan mungkin tidak sebaik seperti yang sering anda dengar. Namun cukup berguna di saat-saat anda tidak membawa speaker portable. Ia pun membagikan mod-nya ini di forum XDA Developer. Bagi pengguna yang ingin mencoba, perlu dicatat bahwa melakukan hal ini bisa menghanguskan garansi Samsung Galaxy Note5 anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *