iPhone Jailbroken Jadi Target Empuk Serangan Malware ‘KeyRaider’

Kolom Gadget – Sekitar 225.000 perangkat iOS jailbreak terinfeksi malware baru bernama ‘KeyRaider’ yang telah mencuri 225.000 kredensial terkait Apple ID milik pengguna perangkat iOS.

Pengguna iPhone memang memiliki banyak keuntungan dari kegiatan men-jailbreak iPhone mereka. Namun bukan berarti tak ada kerugian. Karena setelah di jailbreak, maka iPhone tersebut rentan terhadap serangan malware dan virus.

Seperti yang dilaporkan oleh Apple Insider (31/08/2015) bahwa iPhone yang sudah jailbroken menjadi target empuk serangan malware baru yang bernama ‘KeyRaider’. Disebutkan 225.000 kredensial terkait dengan Apple ID milik pengguna iOS telah dicuri yang mengakibatkan terjadinya penipuan pembelian aplikasi. Dalam beberapa kasus, terjadi ransomware alias pemerasan untuk meminta uang tebusan.

Malware ‘KeyRaider’ sendiri pertama kali ditemukan oleh para peneliti di Palo Alto Networks dan WeipTech. Malware ini ditemukan terdistribusi melalui repositori Cydia di Tiongkok dan tersebar di banyak perangkat iPhone diseluruh dunia. Gejalanya, pengguna menemukan adanya pembelian tidak sah menggunakan akun Apple ID mereka. Namun malware ini sendiri hanya menjangkiti perangkat iOS Jailbroken saja.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *