Buat Snapdragon Smart Protect, Qualcomm Ingin Lindungi Pengguna Android Dari Malware

Kolom Gadget – Qualcomm berusaha untuk melindungi pengguna smartphone Android yang menggunakan chipset miliknya Snapdragon 820 dengan merilis Smart Protect, sebuah fitur yang bisa mengidentifikasi malware.

Dibandingkan dengan featured phone, smartphone bisa lebih diandalkan karena mampu melakukan banyak hal dan fitur yang bisa bertambah ketimbang featured phone yang fiturnya hanya itu-itu saja. Namun bukan tak memiliki kekurangan, smartphone sering kali jadi sasaran empuk serangan malware.

Untuk itu, Qualcomm pun ingin agar pengguna smartphone Android yang memakai chipset Snapdragon buatannya terhindar dari program jahat yang bisa menginfeksi smartphone Android. Perusahaan semikonduktor raksasa ini membuat Smart Protect, sebuah aplikasi yang mampu mengidentifikasi ancaman malware pada smartphone. Snapdragon 820 menjadi chipset pertama dari Qualcomm yang mendukung aplikasi ini.

Dengan tertanamnya Snapdragon 820 pada perangkat Android, dan dengan terinstalnya aplikasi ini maka sistem bisa mendeteksi aplikasi yang patut dicurigai karena menebar potensi ancaman bagi perangkat.

Aplikasi Smart Protect ini berbeda dengan aplikasi antivirus lainnya yang hanya mengenali antivirus berdasarkan definisi. Jika cara aplikasi antivirus bekerja memilik kelemahan saat virus telah dimodifikasi, maka Smart Protect buatan Qualcomm di Snapdragon 820 bisa memantau apa yang terjadi pada ponsel pengguna. Sehingga setiap ditemukan aktifitas yang tidak normal, sistem akan mendeteksi dan langsung memberikan notifikasi.

Namun dalam menghadirkan fitur ini di Snapdragon 820, Qualcomm sendiri bekerjasama dengan perusahaan antivirus lainnya seperti Avast dan AVG.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *