Fitur Blokir Iklan di iOS 9 Tidak Terlalu Disenangi Publisher

Kolom Gadget – Fitur blokir iklan di iOS 9 mungkin menguntungkan bagi sejumlah pihak seperti pengguna dan developer iOS. Namun ternyata hal ini tidak begitu disukai oleh publisher.

Di iOS 9, Apple memungkinkan developer untuk memblokir konten tertentu dalam aplikasinya. Seperti iklan misalnya, hal ini bisa dihilangkan dari aplikasi. Informasi ini sendiri ditemukan dalam peramban Safari.

Namun ternyata para publisher tidak terlalu senang dengan hal ini. Menurut informasi, hal ini bisa mengurangi jumlah orang yang melihat iklan. Mengingat di dunia ini ada banyak pengguna yang memakai ponsel berplatform iOS milik Apple, sudah tentu ini akan mengurangi pundi-pundi dollar yang akan diterima oleh publisher. Saat ini saja, diperkirakan ada 70 miliar dollar uang yang dihasilkan dari bisnis ini.

CEO Digital Content Next, Jason Kint seperti dilansir dari The Wall Street Journal (30/08/2015) mengungkapkan bahwa pemblokiran iklan merupakan hal yang nyata dan berkembang, dan iOS semakin mempercepatnya. Angka terbaru menunjukkan bahwa saat ini iklan yang diblokir telah meningkat hingga 41% dan telah menelan miliaran dolar biaya bagi publisher.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *