Kelak Google Maps Bakal Mampu Deteksi Jalan Rusak

Kolom Gadget – Google memiliki paten baru yang memungkinkan Google Maps mampu mendeteksi adanya jalan rusak yang akan dilalui pengguna.

Saat anda berada di daerah yang asing, Google Maps menjadi alternatif yang bisa anda pilih sebagai penunjuk jalan. Sayangnya, apa yang ditampilkan di Google Maps tak sesuai dengan kondisi yang ada di jalanan. Hasilnya, saat anda meminta rekomendasi jalan tercepat untuk mencapai suatu tujuan, yang anda dapatkan bisa saja jalanan rusak yang membuat waktu tempuh anda menjadi semakin lama.

Namun tampaknya hal itu akan segera berakhir. Meski tidak dalam waktu dekat, namun Google sudah memiliki paten sebuah sistem yang membuat Google Maps mampu mendeteksi kualitas jalan. Dengan begini, pengguna bisa mendapatkan peringatan jika terdapat bahaya seperti lubang besar dan berbagai masalah terkait kualitas jalan yang akan dilalui.

Paten ini bernomor US9108640-B2, yang mengandalkan sejumlah sensor yang ditempatkan di kendaraan. Sensor inilah yang akan mendeteksi goncangan kendaraan dan mengirimkan datanya melalui jaringan seluler. Data yang diterima kemudian akan disesuaikan dengan data pemetaan di Google Maps sehingga pengguna bisa lebih aman karena akan mendapatkan peringatan saat setiap kali akan melalui jalan yang berbahaya. Paten ini bahkan akan digunakan di mobil self-driving yang saat ini sedang dikembangkan oleh Google.

Paten ini juga akan menambah jajaran fitur yang dibawa Google Maps. Saat ini, Google Maps sudah memiliki berbagai fitur seperti pemberitahuan saat ada penutupan jalan, kecelakaan, konstruksi dan memberikan informasi jalan pintas yang tersedia dan bisa dilalui oleh pengguna.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *