Apple Punya Metode Meningkatkan ‘Noise Cancellation’ Untuk Earbuds Nirkabel

Kolom Gadget – Sebuah aplikasi paten oleh Apple mengungkap bahwa perusahaan asal Cupertino ini memiliki metode untuk meningkatkan kemampuan noise cancellation atau peredam kebisingan pada earphone nirkabel.

Sebuah dokumen aplikasi paten Apple menunjukkan metode yang mampu meningkatkan fitur Noise Cancellation pada sebuah earbuds baru saja terungkap. Paten ini diajukan oleh Apple pada tanggal 21 Februari 2014 lalu kepada USPTO dengan judul yang jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah “Sistem dan metode untuk meningkatkan kualitas suara dalam headset nirkabel dengan earbuds terhubung dari perangkat mobile.”

Dengan menggunakan metode dalam aplikasi paten ini, sebuah earbuds suaranya bisa terdengar di speaker nirkabel yang berukuran mini. Teknologi ini diterapkan dengan menggunakan dua mikrofon yang masing-masing ditempatkan dalam sebuah earbud. Teknologi ini juga menggunakan dua buah sensor yang salah satunya berperan untuk melacak getaran tulang pengguna, dengan sistem yang menentukan yang mana dari dua speaker mini ini mampu menghasilkan kualitas sinyal yang tinggi dan diteruskan ke perangkat mobile.

Tak Cuma itu saja, sensor dan informasi akustik juga digunakan untuk menentukan apakah sebuah earbud sedang digunakan di telinga. Jika salah satu earbud sedang tidak digunakan, maka sistem bisa menentukan mana dari salah satu earbud yang memang sedang tidak digunakan oleh pengguna sehingga suara yang keluar secara default akan diarahkan ke earbud yang kedua.

Namun seperti yang kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini pun Apple tidak pernah merilis satu set headphone nirkabel apapun untuk iPhone miliknya. Tentu saja, tidak ada informasi apapun yang kita dengar kalau Apple bakal membuat earphone nirkabel tahun ini. Namun mungkin di suatu titik di masa depan, Apple akan membuat earphone nirkabel yang menarik bagi penggemarnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *