Studi: Seperti Password, Pola Kunci Android Mudah Diprediksi!

Kolom Gadget – Seorang alumni Universitas Sains dan Teknologi Norwegia melakukan studi dan menemukan bahwa pola kunci perangkat Android yang sering diatur oleh pengguna sangat sederhana sehingga mudah diprediksi.

Seorang lulusan Norwegian University of Science and Technology (NTNU) bernama Marte Løge melakukan studi dan menemukan bahwa pola kunci yang diatur oleh kebanyakan pengguna perangkat Android mudah diprediksi.

Penelitian dilakukan dengan membuat 4.000 pola. Ternyata, 77% pola yang dibuat dimulai dari salah satu dari empat sudut, dimana 44% memulainya dari pojok kiri atas. Memang, dengan cara ini semakin banyak “node” yang digunakan dalam membuat pola maka semakin besar pula kemungkinan kombinasinya. Hal ini akan semakin mempersulit seseorang saat ingin memprediksi pola pengguna.

Jumlah rata-rata yang digunakan dalam penelitian ini adalah lima, itu artinya rata-rata pilihan kunci layar yang bisa dibuat adalah 7152 kemungkinan. Sementara pengguna yang hanya memiliki empat node memiliki 1.624 pola yang mungkin bisa dibuat. Sebagai pembanding, jika pengguna menggunakan delapan atau sembilan node, maka akan ada lebih dari 140.000 kemungkinan kombinasi yang bisa diterapkan.

Temuan ini pun dipresentasikan pada konferensi PasswordCon di Las Vegas. Aspek yang sama juga digunakan untuk kunci menggunakan kode pin dan password numeric. Untuk bisa mencegah orang lain memprediksi pola kunci perangkat anda, maka disarankan agar selalu mengganti pola agar tidak bisa terbaca orang lain.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *