Di Jerman, Jangan Ambil Foto Makanan Kalau Tak Ingin Melanggar Hak Cipta

Kolom Gadget – Jika tak ingin di denda atau malah mendapatkan pidana di Jerman, pastikan anda menyembunyikan kamera anda saat berada di restoran. Karena di negara ini, mengambil foto bisa dianggap melanggar hak kekayaan intelektual.

Banyak orang, atau bahkan mungkin anda sendiri mungkin selalu mengambil foto makanan anda menggunakan kamera sebelum hidangan disantap, baik itu kamera ponsel maupun gadget kamera dan mengunggahnya di situs jejaring sosial seperti Instagram, Facebook maupun Twitter. Hal ini bagi beberapa orang memang sudah menjadi aktifitas yang menyenangkan, bahkan ada pula yang memang menjadikannya ritual wajib sebelum makan.

Jika anda sering melakukan hal ini, sebaiknya jangan lakukan jika anda sedang berada di Jerman karena di negara ini, mengambil foto makanan bisa melanggar hak cipta. Ini karena tata letak, penyusunan dan cara makanan diatur dianggap sebagai seni sehingga saat fotonya diambil tanpa seizin koki, terlebih dibagikan secara online bisa dianggap sebagai pelanggaran kekayaan intelektual, seperti dilansir dari situs TechDirt.

Hal ini sebenarnya berlaku terutama di restoran-restoran mewah karena setiap makanan yang tersaji di piring bisa menjadi bentuk karya seni tersendiri. Meski begitu, bukan tidak mungkin restoran lain juga menerapkannya. Jadi saat anda melancong ke Jerman, pastikan anda lirak-lirik restoran yang akan anda kunjungi karena mungkin ada peringatan yang melarang anda untuk mengambil foto makanan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *