Firefox Bakal Dukung Ekstensi Chrome dan Opera

Kolom Gadget – Mozilla telah memutuskan untuk membuat peramban miliknya menggunakan add-on yang mirip seperti dengan ekstensi yang ada di Chrome dan Opera agar pengembang lebih mudah mengembangkan ekstensi miliknya untuk beberapa browser/peramban.

Di Firefox, kita bisa memperkaya fitur-fitur peramban milik Mozilla ini dengan menginstall add-on. Dengan begitu, Firefox bisa memiliki lebih banyak fitur dari pada fitur standarnya. Di Chrome, add-on disebut dengan ekstensi.

Mozilla ternyata memiliki rencana untuk membuat peramban miliknya mengadopsi ekstensi yang mirip seperti yang digunakan oleh Chrome dan Opera. Cara ini dilakukan agar para developer lebih mudah dalam mengembangkan ekstensi mereka sehingga bisa mengembangkan satu ekstensi untuk beberapa peramban.

Menurut Mozilla seperti disampaikan oleh Kev Needham, “Kami ingin pengembangan add-on bisa menjadi lebih seperti pengembangan Web: kode yang sama harus dijalankan di beberapa browser menurut perilaku yang ditetapkan oleh standar, dengan dokumentasi yang komprehensif yang tersedia dari beberapa vendor.” Dengan begitu, pengembang hanya perlu melakukan sedikit tweak agar add-on atau ekstensi mereka bisa berjalan di Firefox.

Mozila juga menaruh harapannya agar WebExtensions API bisa mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk meninjau ekstensi sebelum disetujui, menjadi hanya 5 hari. Dengan ambisi Mozilla ini, maka bisa dipastikan disuatu titik di masa depan, pengguna Firefox akan menemukan ekstensi Chrome dan Opera di Firefox.

One Response
  1. ariefmalang69

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *