Petir Datang, Data Google Menghilang

Kolom Gadget – Petir datang dan menyambar data center Google di Belgia hingga empat kali. Hal ini membuat disket data center Google rusak dan datanya tidak bisa diakses.

Gara-gara petir, Google harus kehilangan data-data yang ada dalam data centernya yang ditempatkan di Belgia. Petir memang tak menyambar data center Google secara langsung, namun ke jaringan listrik lokal. Namun sensitifnya data center membuat sejumlah disk data center Google rusak dan tidak bisa diakses. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Petir itu sendiri menyambar empat kali hingga membuat Google kehilangan banyak data. Google menjelaskan bahwa data center memang membutuhkan perlindungan ekstra dari pada bangunan lain karena satu kabel saja bisa merusak apapun yang berjarak 1km. Hal itu dijelaskan oleh Project Manager layanan perlindungan gedung Orion, Justin Gale.

Petir memang berbahaya dan bukan hanya bagi manusia namun juga apapun yang disambarnya. Ini tentu menjadi pelajaran bagi Google untuk lebih memperkuat proteksi terhadap data center miliknya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *