Google Mulai Kurangi Bloatware di Android

Kolom Gadget – Google tampaknya mulai mengurangi penggunaan bloatware dalam sistem operasinya. Hal ini dimulai dengan menghilangkan Google+. Terlihat dari Samsung Galaxy Note5 yang tak lagi ditemukan aplikasi ini didalamnya.

Apakah anda mengetahui bahwa di Samsung Galaxy Note 5 tidak terdapat aplikasi Google+? Ya, ternyata ini merupakan salah satu langkah Google untuk mengurangi hadirnya bloatware di sistem operasinya. Bloatware adalah aplikasi yang tidak penting dan jarang digunakan oleh pengguna namun harus terinstal dalam ponsel.

Seperti yang kita tau bahwa Google+ merupakan layanan jejaring sosial milik Google dan layanan ini juga memiliki aplikasi dan biasanya terdapat secara default di sistem operasi Android. Aplikasi Google+ itu merupakan bloatware dan di Samsung Galaxy Note5, aplikasi ini ternyata dihilangkan di phablet ini.

Beberapa aplikasi bawaan lainnya yang merupakan bloatware adalah Google Play dan Gmail dan masih banyak lagi yang lainnya. Agar sistem bisa menjalankan “properiatary program”, maka aplikasi bloatware ini harus ada dalam AOSP. Namun bagi kebanyakan pengguna aplikasi ini dianggap mengganggu dan tidak penting. Terlebih saat Google menambahkan Google Earth dan Google Keep dalam daftar aplikasi yang harus ada pada perangkat Android dengan AOSP. Begitu pula dengan hadirnya Google+, Play Movies, Play Games, Play Books dan NewsStand.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *