Kenaikan Nilai Tukar Dolar Ikut Dongkrak Harga iPhone

Kolom Gadget – Mulai bulan lalu sebenarnya harga iPhone sudah mulai naik di Indonesia, mengikuti pergerakan nilai tukar dolar yang terus perkasa terhadap rupiah.

Apple membebaskan distributor dan peritel untuk bermain dengan harga produk-produknya. Hal ini lantaran dolar yang semakin perkasa. Kesempatan ini pun tak disia-siakan oleh distributor dan ritel resmi Indonesia untuk menaikan harga jual iPhone.

Erajaya misalnya, sudah menaikan harga iPhone sejak bulan lalu saat tanda-tanda dolar akan naik mulai terlihat. Meski begitu, Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing & Communication Erajaya seperti dilansir dari DetikInet (20/08/2015) mengungkapkan bahwa harga iPhone meski tak ikut diungkap besarannya, kenaikan tak terlalu tinggi, melainkan hanya untuk menyesuaikan modal saja. Hal ini karena distributor memboyong iPhone ke tanah air dengan menggunakan kurs dolar sehingga setiap pergerakan dolar terhadap rupiah maka harga jual di pasaran akan disesuaikan.

Pihak distributor saat ini membayar ponsel yang dibeli dengan proporsi sekitar 20%, dan sisanya dibayar menggunakan rupiah yang dibayarkan ke kantor perwakilan di Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *