Android 6.0 Marshmallow Mungkinkan Pengguna Kelola Perizinan Aplikasi

Kolom Gadget – Google telah menerapkan sistem perizinan baru yang lebih transparan terhadap penggunaan fitur dan hardware apa saja yang diizinkan untuk digunakan oleh aplikasi tertentu.

Di iOS, platform yang menjadi saingan Android, pengguna dimudahkan untuk mengelola perizinan aplikasi. Maksudnya, pengguna bisa mengizinkan apakah aplikasi tertentu bisa menggunakan beberapa fitur ponsel atau tidak seperti izin kamera, izin mikrofon, lokasi, kalender dan lain sebagainya. Namun fitur ini masih belum bisa ditemukan di Android Lollipop.

Melalui Android 6.0 Marshmallow, Google menghadirkan pengaturan ini yang memudahkan pengguna untuk mengelola apakah suatu aplikasi diperbolehkan menggunakan fitur tertentu pada ponsel. Pengguna bisa memilih dan membatasi mana saja fitur yang bisa digunakan oleh aplikasi tertentu dan mana yang tidak boleh digunakan. Informasi ini sendiri didapatkan dari versi pratinjau (preview) Android 6.0 Marshmallow.

Bagi pengguna, untuk bisa mengatur perizinan aplikasi bisa mengakses menu Pengaturan atau Settings > Aplikasi > Apps. Setelah itu pengguna perlu membuka ikon gear atau roda gigi di bagian atas untuk bisa membuka akses ke manajer aplikasi dan mengatur perizinannya. Dari situ anda bisa mengatur apakah suatu aplikasi diizinkan mengakses lokasi, kontak, mikrofono, telepon, SMS dan sebagainya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *